WIFI

WIFI

Wi-Fi, adalah singkatan dari wireless fidelity, merupakan pengembangan dari istilah Hi-Fi, sebuah teknologi jaringan nirkabel yang digunakan di seluruh dunia. Wi-Fi mengacu pada sistem yang menggunakan standar 802.11, yang dikembangkan oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) dan dirilis pada tahun 1997. 
Awalnya Wi-Fi ditujukan untuk pengunaan perangkat nirkabel dan Jaringan Area Lokal (LAN), namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet. Cara kerja WiFi sama halnya dengan ponsel, jaringan WiFi juga menggunakan gelombang radio untuk mengirimkan informasi melalui jaringan. komputer harus termasuk adaptor nirkabel yang akan menerjemahkan data yang dikirim menjadi sinyal radio. Sinyal yang sama ini akan dikirim melalui antena untuk decoder dikenal sebagai router. Setelah diterjemahkan, data akan dikirim ke Internet melalui koneksi Ethernet kabel.
Untuk penggunaan internet, wifi memerlukan sebuah titik akses yang biasa disebut dengan hotspot untuk menghubungkan dan mengontrol  antara pengguna wifi dengan jaringan internet pusat. Sebuah hotspot pada umumnya dilengkapi dengan password yang bisa meminimalisasi siapa saja yang bisa menggunakan fasilitas tersebut. Ini sering digunakan oleh pengguna rumahan, restoran, swalayan, cafĂ© dan hotel. Namun ada juga hotspot yang tidak diberi password, sehingga siapa saja boleh menggunakan fasilitas tersebut. Misalnya taman hiburan dan stadion.
Kelebihan dari menggunakan wifi yaitu lebih portable, artinya kita tidak repot dengan memikirkan kabel penghubung  ke hotspot. Dan juga, akses transfer data lebih cepat (ini bisa diperoleh jika peralatan kita masih dalam jangkauan pusat hotspot. Namun ada juga kelemahan dari wi-fi ini, yaitu sering di hack (dibobol) oleh orang lain. Saat ini WiFi dapat dinikmati dan diakses melalui berbagai jenis alat elektronik yang semakin canggih, seperti laptop, smartphone, Handphone, atau smartphone dan lain sebagainya.
WiFi juga memiliki banyak fungsi, kan tetapi masih banyak dari kita yang belum mengetahui manfaat lain dari kegunaan Wi-Fi tersebut. Berikut ini beberapa fungsi dari WiFi:
  1. Sebagai Pengaman
Aplikasi seperti Find My iPhone, menggunakan wi-fi untuk mencari iphone yang lupa meletakkannya. Untuk kita yang tidak menggunakan iPhone bisa menggunakan program Prey dimana kita bisa melacak HP melalui komputer atau laptop saat HP kita di curi dan apa saja yang dilakukan pencuri terhadap HP kita.
  1. Share File dengan Komputer atau Laptop lain
Penyedia file penyimpanan online seperti Dropbox memungkinkan kita bisa men share foto, dokument, video, dan lainnya dengan sangat mudah dengan menggunakan wi-fi jika kedua laptop atau orang tersebut mempunyai akun dropbox tersebut. Metode ini lebih aman dari pada “shared folder”.
  1. Berguna Sebagai Router Nirkabel
Sebuah aplikasi yang bernama PdaNet yang dapat mengubah android ke router wi-fi yang sangat berguna sekali untuk PC.
  1. Streaming Film ke Tv
Kegunaan Wi-Fi lainnya yaitu sebagai streaming film ke TV. kegunaan Wi-Fi  dapat menjadi hiburan rumah masa depan anda. Media server dapat streaming video dengan menggunakan wi-fi untuk setiap HTPC lainnya seperti XBOX dan lainnya.
  1. Sinkronisasi Telpon Tanpa USB
Kegunaan Wi-Fi yang selanjutnya yaitu sebagai sinkronisasi telepon tanpa USB. Dengan menggunakan sedikit aplikasi saja maka kita dapat membuat HP kita tersambung dengan laptop.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MIKROTIK

SISTEM OPERASI

JARINGAN INTERNET